Friday, August 5, 2016

#cookingwithvania #1 : Resep Daging Balado


Hallo again untuk semua yang membaca blogku. Kali ini aku akan membagikan sedikit resep untuk membuat Daging Balado yang praktis dan sederhana. Yang mudah di ikuti oleh siapapun yang ingin mencobanya. Jadi aku bukan seorang chef, aku hanya anak berusia 21 tahun yang suka masak buat Babe nya hehehe. Aku gak masak setiap hari tetapi kalo memang lagi ada waktu kosong, terutama pas liburan gini, aku suka masak bua Papiku.

Jadi singkat cerita, aku adalah seorang anak piatu yang dengan kata lain sudah gak memiliki ibu. Aku agak-agak lupa gimana awalnya aku suka memasak, pokoknya seingat ku sejak Mami ku meninggal, Papi enggak ada yang masakin buat makan di rumah. Jadi aku dan kakak ku coba-coba masak. Pas uda di coba ternyata enak kata si Papi. Nah mulai deh dari situ aku suka masak, tapi di bandingkan dengan kakak ku, aku lebih suka, jadi aku yang sering masakin Papi. Selain itu Papi itu orang yang harus makan daging, entah daging sapi, ayam, atau ikan, pokoknya di rumah harus ada lauk nya. Makanya kebanyakan aku masak nya lauk-laukan dari pada tumis sayuran.

Nah ini adalah salah satu menu yang sering aku masak untuk Papiku. Tau masakan ini karena dulu suka dimasakin, Belajarnya sendirian, baca-baca buku resep, pakai feeling, dan nekat aja coba-coba hehe. Jadi aku bakal jabarin di sini ya gimana cara memasaknya dan apa aja sih bumbu-bumbu dan bahan-bahan yang akan kita gunakan.


Bahan:
250gr Daging Sapi (iris tipis sesuai selera)
Untuk sekedar saran, bagi yang mempunyai palu buat melunakan daging, lebih baik setelah di potong sesuai selera, daging tersebut dilunakan dengan palu tersebut agar lebih empuk saat di makan, tapi sayangnya aku belum punya palu itu hehehe.


Bumbu 1:
- buah bawang putih (haluskan/cincang)
- lada putih
- garam
- royco rasa sapi.

Bumbu 2:
- minyak goreng
- bawang putih (iris tipis)
- bawang merah (iris tipis)
- cabai rawit (tumbuk kasar)
- cabai merah keriting (tumbuk kasar)
- daun jeruk

Cara Memasak:
1. Potong daging yang akan dimasak seseuai selera.


2. Ungkep daging yang sudah di potong bersama bumbu 1 di sebuah wadah, aduk hingga rata dan sisihkan kurang lebih 45-60 menit.


3. Setelah di ungkep, goreng daging tersebut dengan minyak yang panas hingga daging bewarna kecoklatan, lalu tiriskan.
4. Setelah daging selesai di goreng dan sudah di tiriskan , tumis bumbu 2, setelah warna bawang putih mulai menguning, masukan daging yang sudah di goreng tersebut.
5. Berikan sedikit air, tambahkan garam, lada, gula pasir, dan penyedap masakan sesuai selera.
6. SELESAI :)


Mudah kan ? Hanya butuh waktu yang lumayan lama saat ungkep daging nya aja tapi setelah itu, cepat banget kok prosesnya. Dan demikianlah resep Daging Balado ala Vania Clarissa hehe, semoga post an ku kali ini berguna dan bermanfaat untuk siapapun yang membacanya. Terimakasih dan jika ada pertanyaan mengenai resep di atas please write your question on the comment below :)


With Love,
E. Vania Clarissa

9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Hai, Kak Vania! Ah, senengnya bisa pinter masak, aku mah apa atuh paling master bikin mie instan doang! Tapi, resep ini kayanya pantes kalau dibagi-bagi ke Mama aku, soalnya beliau kadang suka bingung mau masak balado daging itu gimana, hehe, dan resep dari Kakak terbilang simple. Thanks for sharing ya~^^

    Ristra || It's Peachy

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Ristra, terimakasih ya, semoga bermanfaat buat mama kamu :)

      Delete
  3. Hi vania..resepnya bikin kaya masak itu mudah dan siapa aja bisa kalo emang niat. I'll try do it since my mom never cook for me as well! Keep posting 😘

    ReplyDelete
  4. Hi vania..resepnya bikin kaya masak itu mudah dan siapa aja bisa kalo emang niat. I'll try do it since my mom never cook for me as well! Keep posting 😘

    ReplyDelete
  5. hai Vania, terima kasih sudah mampir di www.mimoyoja.com ya :)
    Wah ga nyangka selain cakep, pinter masak jugaaa :D
    have a nice day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo! terimakasih banyak ya sudah mampir juga :)

      Delete